Menu Close

Apa Saja yang Menyebabkan Hidung Mampet Sebelah?

Hidung mampet merupakan salah satu gejala gangguan pernapasan yang sering terjadi. Keadaan ini pun bisa terjadi hanya pada satu atau kedua sisi hidung. Meski tidak berbahaya, hidung mampet sebelah maupun di kedua sisi dapat mengganggu aktivitas tidur Anda karena akan menyebabkan sulit bernapas. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara termudah mengatasi hidung mampet.

Ada banyak cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur, salah satunya menguap wajah.

Hidung mampet biasanya dikaitkan dengan pilek atau flu. Tetapi, terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan hidung mampet. Salah satunya adalah pembengkakan jaringan dan pembuluh darah di rongga hidung saat mengalami alergi. Beberapa penyakit juga ditandai dengan hidung mampet.

Penyebab hidung mampet sebelah maupun menyeluruh

Hidung mampet sebelah atau kedua sisi biasanya akan membaik dalam waktu yang relatif cepat bila ditangani dengan cepat. Jika disebabkan oleh virus flu, hidung mampet akan membaik setidaknya dalam waktu satu minggu. Sebaliknya, hidung yang mampet bukan karena flu memerlukan waktu yang lama untuk membaik.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang menyebabkan hidung mampet sebelah maupun menyeluruh.

  1. Alergi

Alergi dapat menyebabkan hidung mampet sebelah maupun menyeluruh. Alergi terjadi karena ada faktor eksternal yang menjadi pemicu alergi (allergen). Mulai dari makanan, minuman, polusi, bulu hewan, jamur, maupun obat-obatan tertentu. 

Kondisi ini merupakan reaksi sistem imun tubuh terhadap suatu organisme atau benda asing yang masuk ke tubuh dan dianggap berbahaya. Reaksi dari alergi tidak hanya hidung mampet, tetapi dapat disertai gejala lain. Setiap orang pun memiliki reaksi alergi yang berbeda.

  1. Rhinitis alergi atau Hay fever

Hay fever atau rhinitis alergi merupakan peradangan yang terjadi pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Di Indonesia, kondisi ini lebih dikenal dengan istilah alergi serbuk sari. Alergi jenis ini pada umumnya kambuh pada waktu-waktu tertentu atau musiman.

Penyebab hay fever sama dengan alergi pada umumnya, yaitu masuknya zat atau benda asing yang dianggap dapat mengancam kesehatan tubuh. Sistem imun kemudian bereaksi dengan mengeluarkan senyawa histamin untuk mengatasi benda tersebut dan munculan reaksi alergi.

  1. Sinusitis

Sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Terdapat beberapa jenis sinusitis mulai dari akut, subakut, kronis, dan kambuhan. Sinusitis kronis dapat menyebabkan hidung mampet sebelah maupun menyeluruh. Sinusitis kronis merupakan infeksi pada sinus yang berlangsung dalam jangka waktu panjang.

  1. Polip hidung

Polip hidung adalah pertumbuhan suatu jaringan lunak di dalam hidung yang tidak menimbulkan rasa sakit. Biasanya, polip hidung tumbuh menggantung seperti tetesan air mata atau buah anggur di dalam saluran hidung kanan atau kirim. Kondisi ini pun menyebabkan hidung mampet sebelah.

Polip hidung dapat terbentuk akibat peradangan kronis karena asma, infeksi berulang, alergi, efek obat-obatan, atau gangguan kekebalan tubuh tertentu. Pertumbuhan abnormal ini biasanya tidak membahayakan. Namun, jika ukurannya semakin membesar dan tidak ditangani, polip hidung tidak hanya membuat hidung mampet tapi juga mengganggu pernapasan.

  1. Pilek

Pilek menjadi salah satu penyebab hidung mampet sebelah yang paling sering dialami. Pilek adalah kondisi ketika hidung mengeluarkan ingus atau lendir, baik sesekali maupun terus menerus. Lendir yang keluar pun dapat terlihat bening, hijau, atau kekuningan. Teksturnya bisa encer atau kental, tergantung pada penyebab yang mendasarinya.Penyebab pilek pun beragam, bisa karena infeksi di hidung, tenggorokan, atau sinus, maupun ketidakseimbangan hormon karena dalam masa kehamilan. Karena terjadi disekitar hidung, tenggorokan, dan sinus, pilek pun dapat menyebabkan hidung mampet sebelah maupun menyeluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *