Menu Close

Atasi Sakit Kepala Dengan Sumagesic

sumagesic

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang umum dijumpai, dengan kebanyakan orang akan mengalami kondisi ini dari waktu ke waktu. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala di antaranya adalah faktor emosi seperti stres, depresi, dan kecemasan; faktor medis seperti migrain dan tekanan darah tinggi, faktor fisik seperti cedera; dan faktor lingkungan seperti cuaca. Sakit kepala dan terus menerus terjadi dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang. Dalam kasus ringan, obat seperti sumagesic dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala.

Sakit kepala dapat memengaruhi bagian kepala manapun, dan rasa nyeri dapat muncul di satu atau beberapa lokasi. Jika hal ini terjadi, obat seperti sumagesic dapat digunakan untuk mengatasi gejala. Sakit kepala dapat menyebabkan beberapa jenis rasa nyeri, dan mengklasifikasikan rasa nyeri tersebut dapat membantu dokter mendapatkan diagnosis yang tepat. Dokter juga akan mengkategorikan sakit kepala berdasarkan apakah kondisi kesehatan tertentu bertanggungjawab akan nyeri yang Anda derita. 

  • Sakit kepala primer

Jenis ini bukanlah sebuah gejala penyakit tertentu. Sakit kepala primer disebabkan oleh gangguan yang melibatkan struktur kepala dan leher. Sakit kepala primer dapat disebabkan karena aktivitas berlebih pada area tertentu otak, pembuluh darah, otot, saraf, dan zat kimia otak. Jenis umum sakit kepala primer adalah sakit kepala cluster dan sakit kepala tegang. Selain itu, sakit kepala juga dapat terjadi akibat menggunakan obat-obatan untuk nyeri terlalu sering. Dalam kasus ini, seseorang memiliki sakit kepala penggunaan berlebih obat, dan ini adalah jenis lain sakit kepala primer. 

  • Sakit kepala sekunder

Sakit kepala jenis ini merupakan sebuah gejala kondisi medis tertentu. Penyebab sakit kepala sekunder di antaranya adalah kehamilan, kondisi sistemik seperti infeksi, hypothyroidism, giant cell arteritis, stroke, dan tumor otak. Sakit kepala sekunder dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius. Sehingga sangat penting untuk mencari bantuan medis apabila sakit kepala yang Anda rasakan bersifat parah atau mengganggu, terus menerus terjadi, tidak kunjung hilang, tidak semakin membaik setelah diberi pengobatan, dan muncul bersamaan dengan gejala lain seperti bingung, demam, perubahan sensorik, dan rasa kaku pada leher. 

Beristirahat dan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti sumagesic merupakan jenis pengobatan utama untuk sakit kepala. Beberapa pilihan lainnya di antaranya adalah obat pereda nyeri OTC atau over-the-counter seperti obat anti peradangan non-steroid (NSAID), obat pereda nyeri resep, obat pencegahan untuk kondisi khusus seperti migraine, dan perawatan lain untuk mengatasi kondisi penyebab sakit kepala.

Guna mencegah sakit kepala akibat penggunaan berlebih obat, sangat penting bagi Anda untuk mengikuti anjuran dan arahan dari dokter. Cara mengatasi sakit kepala akibat penggunaan obat berlebih melibatkan mengurangi dan berhenti menggunakan obat tersebut. Dokter dapat membantu mengembangkan sebuah rencana untuk mengurangi obat dengan aman. Dalam kasus yang ekstrim, seseorang perlu mendapatkan rawat inap untuk mengatasi gejala dengan aman dan efektif. 

Selain menggunakan obat seperti sumagesic, ada beberapa alternatif, yang dikenal dengan sebutan integrative, bentuk perawatan sakit kepala yang tersedia. Namun sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum membuat perubahan besar pada perawatan atau mulai jenis perawatan baru yang berbeda. Beberapa pendekatan tersebut di antaranya adalah akupuntur, terapi perilaku kognitif, produk kesehatan bernutrisi herbal, hypnosis, dan obat-obatan. Akan tetapi, penelitian belum dapat menunjukkan dan membuktikan metode alternatif tersebut benar-benar berfungsi. Konsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *