Menu Close

Cara Mengatasi Mual pada Ibu Hamil dengan Bahan Alami

Mual di pagi hari atau yang kerap disebut dengan nama morning sickness merupakan suatu tanda atau gejala awal kehamilan. Namun, mual dapat memengaruhi Anda kapan saja, baik siang atau malam hari atau Anda mungkin merasa mual sepanjang hari. Oleh karena itu banyak wanita yang mencari cara mengatasi mual pada ibu hamil.

Akan tetapi, cara mengatasi mual pada ibu hamil menggunakan obat-obatan dapat berbahaya dan justru dihindari, kecuali hal tersebut disarankan dan diresepkan oleh dokter. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi mual.

Kenapa ibu hamil sering mual berkaitan dengan hormon kehamilan dan kekurangan vitamin B6

Cara Mengatasi Mual pada Ibu Hamil dengan Bahan Alami

Berikut bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi mual pada ibu hamil.

1. Jahe

Jahe adalah obat alami yang sering digunakan untuk membantu mengobati mual. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk teh, makan permen atau kue jahe.

Meski hingga kini cara kerja jahe belum diketahui secara pasti, para ahli tetap percaya bahwa ada senyawa yang terkandung dalam jahe yang dapat bekerja dengan cara yang mirip dengan obat untuk mengatasi mual. Tak hanya itu, ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa jahe mampu meredakan rasa mual di berbagai situasi.

Mengonsumsi jahe dilaporkan menjadi cara mengatasi mual pada ibu hamil yang efektif. Bahkan jahe juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa mual yang dialami oleh beberapa orang yang baru saja mendapatkan pengobatan kemoterapi atau operasi.

Pada umumnya penggunaan jahe aman bagi banyak orang. Akan tetapi, mungkin Anda perlu membatasi mengonsumsi jahe jika Anda rentan terkena tekanan darah rendah atau gula darah rendah atau saat Anda mengonsumsi obat pengencer darah. Selain itu, meskipun masih ada sedikit penelitian tentang jahe, penelitian yang dilakukan pada wanita hamil yang sehat melaporkan risiko efek samping yang rendah. Oleh karena itu, sebagian besar ahli menganggap bahwa jahe bisa dijadikan sebagai obat yang aman dan efektif selama kehamilan.

2. Aromaterapi Peppermint

Aromaterapi Peppermint juga bisa Anda gunakan untuk membantu mengurangi mual apalagi saat di pagi hari. Tak hanya itu, ada penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang baru saja melahirkan melalui operasi Caesar dan terpapar bau peppermint dapat menurunkan risiko mual daripada mereka yang diberi obat anti mual atau plasebo.

3. Irisan Lemon

Aroma jeruk atau irisan lemon segar juga dapat menjadi cara mengatasi mual pada ibu hamil. Sebuah penelitian yang meneliti sebanyak 100 wanita yang sedang hamil, di mana wanita hamil tersebut diminta untuk menghirup minyak esensial lemon atau almond segera usai mereka merasa mual. Diketahui, ibu hamil yang menghirup aroma atau minyak lemon 9% berisiko terkena mual lebih rendah daripada mereka yang diberi plasebo minyak almond. 

Anda bisa mengiris lemon atau hanya menggaruk kulitnya karena dapat langsung melepaskan minyak esensialnya ke udara. Anda juga bisa membawa minyak esensial lemon yang dimasukkan dalam botol sebagai cara praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mual saat di luar rumah.

4. Menggunakan Rempah-rempah

Anda bisa menggunakan rempah-rempah untuk mengatasi mual yang muncul. Rempah-rempah juga kerap dijadikan sebagai pengobatan rumahan yang populer yang sering direkomendasikan untuk mengatasi mual. 

Beberapa rempah-rempah yang digunakan untuk mengatasi mual yaitu bubuk adus, kayu manis, dan ekstrak jinten. Bubuk adas diketahui dapat meredakan gejala menstruasi, termasuk mual. Kayu manis juga kerap digunakan untuk meredakan mual yang parah saat menstruasi. Sedangkan ekstrak jintan dapat membantu meredakan mual, sakit perut, sembelit, dan diare.

5. Smoothie

Cara mengatasi mual pada ibu hamil berikutnya yaitu smoothie yang dapat membantu mengatasi dan menetralkan asam lambung dan gula darah sehingga memberikan Anda perasaan yang lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *