Menu Close

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Cendo Xitrol

tetes mata cendo

cendo xitrol adalah obat tetes mata Cendo steril yang mengandung kombinasi Dexamethasone Neomycin sulphate dan Polymyxin B sulphate. Neomycin Sulphate merupakan aminoglikosida yang bersifat bakterisid untuk beberapa organisme Gram positif dan Gram negatif. Neomycin sulphate bekerja dengan cara menghambat sintesa protein dengan mengikat RNA ribosom dan menyebabkan bakteri salah membaca kode genetiknya. Polymyxin Sulphate adalah bakterisid untuk berbagai organisme Gram negatif. Dexamethasone merupakan glukokortikoid sintetik yang memiliki aktivitas anti-inflamasi yang kuat. Obat ini digunakan untuk mengobati penyakit mata terutama karena radang yang disertai infeksi bakteri. Dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Obat mata Cendo Xitrol hanya boleh digunakan pada pemakaian luar dengan cara diteteskan atau dioles langsung ke mata. Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepaskan dulu sebelum Anda meneteskan obat. Sebelum menggunakan obat ini, Anda harus mencuci tangan hingga bersih. Pastikan ujung pipet tidak tersentuh dan obat ditutup rapat setelah digunakan. Kocok botol sebelum obat digunakan. Anda dapat memilih posisi yang paling nyaman, bisa berbaring atau mendongak. Buka mata lebar-lebar dan arahkan pandangan mata Anda ke atas. Dengan menggunakan satu atau dua jari, tarik kelopak mata bawah sehingga membentuk sebuah kantong. Dengan menggunakan tangan lain, pegang obat tetes mata dan posisikan ujung pipet obat mata berjarak 2,5 cm dari mata Anda.

Pencet perlahan obat mata agar dosis obat yang keluar tidak berlebihan. Hati-hati, pastikan ujung pipet obat tidak menyentuh apapun agar tidak terkontaminasi kuman. Lepaskan tangan Anda dari kelopak mata dan turunkan kepala Anda. Lalu tutup mata Anda selama 2-3 menit untuk memberikan waktu bagi mata untuk menyerap obat. Jangan berkedip karena akan mendorong cairan obat keluar dari mata Anda sebelum sempat diserap.

Jangan gunakan obat ini lebih sering daripada yang diresepkan dokter. Gunakan obat ini sesuai dengan petunjuk dokter agar obat bisa bekerja secara optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *