Menu Close

Cari Resep Salad Sayur dan Rasakan Manfaat Kesehatannya

Mungkin saat ini Anda sedang mencari resep salad sayur yang lezat untuk dimakan saat sarapan? Akhir-akhir ini, sarapan salad sedang cukup populer. Meskipun makan sayur saat sarapan bukanlah jenis diet yang biasa dilakukan di negara-negara barat, namun sayur merupakan makanan yang sering dikonsumsi di pagi hari di negara-negara lain. Salad saat sarapan merupakan cara yang baik untuk memulai hari dengan makanan yang padat dan kaya akan nutrisi. Salad juga dapat meningkatkan suasana hati dan produktivitas, memperlancar pencernaan, dan bahkan membantu menurunkan berat badan. 

Salad sayur yang sehat ada banyak macamnya, salah satunya salad oriental

Resep salad sayur untuk sarapan biasanya terdiri dari berbagai macam jenis sayur yang ditaburi dengan banyak hal, seperti telur, keju, buah, kacang, biji-bijian, dan kacang polong.  Mengganti makanan sarapan sehari-hari Anda dengan resep salad sayur dapat menjadi cara mudah untuk menambahkan “whole food” ke dalam diet anda. Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari resep salad sayur yang sehat. 

  • Dapat meningkatkan suasana hati dan produktivitas

Apa yang Anda makan saat sarapan dapat memengaruhi suasana hati dan kinerja mental Anda. Sarapan yang tinggi kandungan karbohidrat kompleks dan rendah lemak, misalnya resep salad sayur yang seimbang untuk sarapan, terbukti dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan secara lebih efektif dibandingkan dengan pilihan rendah karbohidrat dan tinggi lemak seperti telur dan bacon. Efek peningkat suasana hati pada sarapan tinggi karbohidrat rendah lemak benar adanya terutama pada sarapan yang kaya karbohidrat kompleks, yang banyak ditemukan pada buah, sayur, dan gandum utuh; dibandingkan dengan karbohidrat sederhana pada makanan sarapan seperti roti dan sereal. 

Makan sarapan yang tinggi kandungan karbohidrat kompleks juga dapat membantu meningkatkan penanda kinerja mental, misalnya daya ingat, perhatian, dan pemrosesan informasi. 

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa sayuran hijau dapat secara efektif menjaga fungsi otak saat Anda bertambah usia. Faktor-faktor inilah yang dapat meningkatkan produktivitas. Ada pula bukti bahwa daun hijau, paprika, dan sayuran seperti brokoli atau kobis dapat menyediakan beberapa manfaat antidepresan. Sehingga, menambahkan sayur-sayuran tersebut ke dalam resep salad sayur Anda dapat meningkatkan suasana hati. 

  • Meningkatkan pencernaan

Salad untuk sarapan biasanya mengandung air dan serat yang tinggi, yang mana baik untuk sistem pencernaan Anda. Serat terbagi ke dalam dua jenis, serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut akan menambah ukuran feses dan membantu menggerakkan makanan dari usus, mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi. Sementara makanan yang tinggi kandungan cairan, seperti salda, juga dapat membantu melawan konstipasi. Di sisi lain, serat tidak larut akan memberi makan bakteri baik yang ada di dalam usus, yang akan memproduksi asam lemak rantai pendek (SCFA) seperti asetat, butirat, dan propionate. SCFA tersebut akan memberi makan sel-sel di dalam usus, mengurangi peradangan, dan melawan gangguan pencernaan tertentu, seperti sindrom iritasi usus (IBS), penyakit Crohn, dan kolitis ulseratif. Serat larut dapat Anda temukan di makanan seperti oats, alpukat, pir, apel, buah ara, pisang, ubi, dan biji bunga matahari. Sementara serat tidak larut dapat Anda temukan di gandum utuh, kentang, polong-polongan, kebanyakan jenis buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Resep salad sayur dapat menjadi alternatif yang baik untuk sarapan sehat Anda dan keluarga. Resep salad sayur yang dihiasi dengan topping bernutrisi juga dapat membantu memberikan manfaat tertentu, termasuk meningkatkan pencernaan, perlindungan terhadap penyakit berbahaya, dan menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *