Menu Close

Estimasi Biaya Pemeriksaan Premarital Prodia Kebayoran

Medical checkup penting dilakukan semua orang bahkan yang sehat sekalipun, karena mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Anda dapat melakukan medical checkup kapan pun, seperti halnya saat hendak menikah.

Biasanya banyak pasangan yang enggan untuk melakukan pemeriksaan sebelum menikah. Padahal pemeriksaan ini merupakan salah satu hal penting, lho, bagi dirimu, pasangan dan calon buah hati nantinya. 

Laboratorium klinik Prodia, seperti pada cabang Prodia Kebayoran, memiliki layanan pemeriksaan ini. Berikut manfaat serta estimasi biaya untuk pemeriksaan premarital ini.

Pemeriksaan premarital

Pemeriksaan premarital atau premarital checkup adalah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum menikah. Ini sangat disarankan untuk dilakukan dalam memastikan status kesehatan kedua calon mempelai, terutama untuk mendeteksi adanya penyakit menular, menahun atau diturunkan yang dapat mempengaruhi kesuburan pasangan maupun kesehatan buah hati nantinya.

Beberapa negara bahkan menetapkan pemeriksaan ini sebagai syarat wajib untuk pasangan yang hendak menikah. Premarital checkup idealnya dilakukan enam bulan sebelum pernikahan dilakukan, agar memiliki waktu yang cukup untuk menangani masalah kesehatan yang mungkin ditemukan. 

Keuntungan dari premarital checkup sendiri, yaitu:

  • Mencegah berbagai macam penyakit pada calon bayi, seperti penyakit thalassemia, diabetes melitus, dan penyakit lainnya yang merupakan penyakit keturunan
  • Untuk mengenal riwayat kesehatan diri sendiri dan pasangan, sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari, khususnya bagi riwayat keturunan yang dihasilkan
  • Membuat pilihan semakin mantap untuk calon mempelai, lebih terbuka, dan lebih yakin satu sama lain mengenai riwayat kesehatan keduanya

Tahapan premarital biasanya terdiri dari, pemeriksaan fisik secara lengkap, pemeriksaan penyakit hereditas (penyakit keturunan, seperti kelainan darah), pemeriksaan penyakit menular (seperti hepatitis B, hepatitis C, dan HIV-AIDS), pemeriksaan organ reproduksi (kesuburan), dan pemeriksaan alergi.

Pemeriksaan premarital di laboratorium klinik Prodia Kebayoran

Premarital checkup juga tersedia di laboratorium klinik Prodia Kebayoran. Pemeriksaan yang dilakukan di antaranya:

  1. Penyakit kencing manis (diabetes melitus)
  2. Hepatitis B
  3. Ketidakcocokan rhesus
  4. Penyakit menular seksual
  5. Penyakit infeksi lainnya

Estimasi biaya pemeriksaan Panel Premarital di laboratorium klinik Prodia Kebayoran

Panel pemeriksaan premarital di laboratorium klinik Prodia Kebayoran ada 4 varian, yaitu:

  • Panel Premarital Laki-laki Rp2.413.000
  • Panel Premarital Perempuan Rp3.798.000
  • Panel Premarital Laki-laki Plus Rp2.998.000
  • Panel Premarital Perempuan Plus Rp4.383.000

Panel tersebut meliputi pemeriksaan: Hematologi Lengkap, Gambaran Darah Tepi, Analisa Hb (HPLC) , Ferritin, Badan Inklusi HbH, Golongan Darah A,B,O & Rh, Urine Rutin, Glukosa Puasa, HBsAg, VDRL/RPR. 

Khusus wanita ditambahkan pemeriksaan Anti-Toxoplasma IgG, Anti-Rubella IgG, dan Anti-CMV IgG. Untuk pemeriksaan Panel Premarital Plus ditambahkan pemeriksaan Anti-HIV. Biaya pemeriksaan di atas hanyalah estimasi, biaya selengkapnya akan tergantung kebijakan di cabang Prodia Kebayoran.

Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas atau dengan call center Prodia. 

Persyaratan sebelum pemeriksaan premarital di laboratorium klinik Prodia Kebayoran

Sebelum melakukan pemeriksaan, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, seperti:

  • Membawa Surat Pengantar terlebih dahulu dari dokter pribadi atau rekanan
  • Pasien diharuskan berpuasa selama 8-14 jam dan hanya diperbolehkan minum air putih
  • Tidak sedang menstruasi untuk wanita
  • Informasikan kepada petugas lab apabila sedang konsumsi obat-obatan

Laboratorium klinik Prodia Kebayoran adalah salah satu laboratorium klinik yang menyediakan pemeriksaan premarital bagi calon mempelai. Pemeriksaan premarital sendiri penting untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dan pasangan, sehingga akan semakin mantap untuk melaju ke jenjang yang lebih serius serta baik untuk calon buah hati nantinya.

Pemeriksaan premarital di laboratorium klinik Prodia Kebayoran mungkin memerlukan janji temu terlebih dahulu. Untuk itu, Anda bisa membuat janji temu terlebih dahulu salah satunya melalui telepon.

Anda juga bisa melihat lebih banyak informasi tentang Prodia Kebayoran serta melihat jadwal praktik dokter di website dan aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa berdiskusi lebih lanjut dengan dokter mengenai topik ini di aplikasi SehatQ. Dowload aplikasinya di App Store atau Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *