Menu Close

9 Gejala Anemia dan Cara Mendiagnosisnya

9 Gejala Anemia dan Cara Mendiagnosisnya

Anemia merupakan kondisi kekurangan sel darah merah tubuh yang sudah pasti ditunjukkan oleh beberapa gejala bagi penderitanya. Sudah kenalkah Anda dengan gejala anemia?

Kekurangan sel darah merah ini berupa menurunnya kadar hemoglobin dalam produksi sel darah merah yang mempunyai tugas begitu penting mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dari paru-paru dan jantung.

Karena itu, jika Anda mengalami anemia, hal tersebut bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Bahkan, jika dibiarkan anemia juga dapat menyebabkan komplikasi terutama pada jantung sehingga menyebabkan gagal jantung dan berujung kematian.

Sehingga Anda perlu mengetahui seperti apa gejala penyakit ini seperti berikut, dan Anda bisa menyimpulkan terkena anemia.

1. Kelopak mata dalam pucat

Jika Anda merasa terkena anemia, Anda bisa melihat pada bagian mata Anda terutama pada kelopak bagian dalam.

Regangkan kelopak tersebut dan perhatikan di bagian bawah. Jika ternyata Anda mendapati bagian itu pucat, itu tandanya Anda terkena anemia.

2. Mengalami kelelahan parah

Kelelahan parah di sini adalah kelelahan yang terjadi secara terus-menerus bahkan setelah melakukan aktivitas yang tidak begitu berat.

Hal ini menyebabkan Anda tidak mau menyelesaikan aktivitas tersebut. Kemungkinan itu karena Anda memiliki kekurangan sel darah merah yang bertanggung jawab untuk memasok energi untuk menunjang aktivitas.

3. Mual

Ini adalah gejala anemia yang umum dirasakan banyak orang. Mual karena anemia bisa jadi karena adanya indikasi mengenai penyakit yang Anda derita seperti maag atau penyakit serius. Mual yang dirasakan biasanya terjadi ketika bangun tidur di pagi hari atau morning sickness.

4. Sakit kepala 

Apabila Anda terus-menerus mengalami sakit kepala, tandanya Anda sudah terkena anemia. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen dari tubuh ke otak.

5. Ujung jari berwarna pucat saat ditekan

Ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda terkena anemia. Normalnya, ujung jari jika ditekan akan berwarna merah. Pertanda Anda cukup sel darah merah.

Namun jika ditekan berwarna putih atau pucat, sudah bisa dipastikan Anda mengalami kekurangan darah merah.

6. Sesak napas

Sesak napas ternyata juga dapat menjadi tanda Anda terkena anemia. Hal ini karena kurangnya pasokan oksigen pada sistem pernapasan Anda akibat anemia menghambat laju aliran darah di pembuluh vena.

Kondisi sesak napas itu juga harus segera Anda tangani sebab jika tidak bisa mengarah pada kondisi ISPA seperti asma dan Covid-19.

7. Jantung berdenyut tidak teratur

Tanda Anda mengalami anemia adalah Anda mengalami jantung yang berdenyut tidak teratur atau dalam istilah medisnya disebut dengan palpitasi.

Hal ini karena kurangnya pasokan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah sebagai transporter. Denyut tidak teratur ini akan membawa komplikasi pada jantung Anda.

8. Wajah pucat

Tidak hanya kelopak mata saja yang mengalami kepucatan, wajah Anda juga akan mengalami hal yang sama.

Kondisi ini sangat mudah dikenali sebagai salah satu gejala yang paling umum terjadi saat Anda mengalami kekurangan darah. Selain pucat di wajah, kulit menjadi putih kekuningan.

9. Rambut rontok

Anda mengalami masalah rambut rontok? Bisa jadi itu juga tanda Anda mengalami anemia. Hal ini terjadi karena kulit kepala tidak mendapatkan makanan yang cukup dari tubuh yang selanjutnya membuat rambut Anda menipis dengan cepat.

Cara mendiagnosis anemia

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas namun belum begitu yakin jika itu mengarah pada anemia, Anda bisa melakukan diagnosis dengan cara berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Dokter kemudian akan meminta Anda melakukan beberapa tes untuk membuktikan bahwa gejala-gejala yang Anda alami mengarah pada kekurangan darah merah.

Tes yang biasa dilakukan untuk membuktikan gejala anemia adalah tes darah lengkap yang di dalamnya adalah terdapat hematokrit untuk mengetahui persentase sel darah merah dalam tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *