Menu Close

Infertilitas Adalah Gangguan Kesuburan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Infertilitas Adalah Gangguan Kesuburan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Memiliki keturunan tentunya menjadi impian hampir seluruh pasangan suami-istri. Kehadiran sang buah hati di dalam keluarga kecil membawa warna baru dalam kehidupan pasangan suami-istri. Namun tahukah Anda jika Infertilitas dapat membuat pasangan kesulitan untuk mendapatkan keturunan? Infertilitas adalah suatu kondisi dimana adanya gangguan kesuburan. Lalu apa saja penyebab dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut penjelasannya.

Penyebab Infertilitas

Secara umum diketahui Infertilitas terbagi menjadi dua kondisi yaitu infertilitas primer dan infertilitas sekunder. Pada infertilitas primer terjadi pada kondisi ketika belum pernah hamil sama sekali, sedangkan pada infertilitas sekunder terjadi ketika sudah pernah hamil dan juga melahirkan namun setelahnya terus mengalami keguguran.

Infertilitas tidak hanya terjadi pada wanita, namun juga pria dapat mengalami kondisi infertilitas. Penyebab infertilitas pada wanita biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada ovulasi. Ovulasi merupakan proses pelepasan sel telur dari indung telur atau biasa disebut dengan ovarium, bila terdapat gangguan pada proses pelepasan ini tentunya tidak ada sel telur yang bisa dibuahi oleh sperma.

Salah satu gejala adanya gangguan pada proses ovulasi ditandai dengan pola haid yang tidak teratur. Hal ini kerap kali disebabkan oleh Sindrom Ovarium Polikistik atau lebih dikenal dengan istilah PCOS. PCOS biasanya terjadi dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebih. Beberapa faktor lain yang menyebabkan risiko infertilitas pada wanita meningkat yaitu:

1. Gangguan ovulasi

Salah satu penyebab infertilitas adalah terganggunya periode ovulasi menjadi penentuan pada masa subur wanita. Maka dari itu, pada saat proses ovulasi terganggu maka akan sulit untuk menentukan masa suburnya, bahkan pada kondisi tertentu sel telur tidak dapat dilepaskan sehingga tidak bisa dibuahi.

2. Submucosal fibroid

Submucosal fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di sekitar dinding rahim ataupun di dalamnya. Hal ini menyebabkan sel telur yang sudah dibuahi menjadi sulit menempel di dinding rahim sehingga menyebabkan wanita sulit untuk hamil dan menjadi rentan mengalami infertilitas.

3. Kelainan bawaan

Kelainan bawaan umumnya disebabkan oleh kelainan genetik, salah satu contoh kelainan bawaan yang dapat menyebabkan wanita sulit untuk hamil dan tidak subur yaitu septate uterus. Kondisi ini terjadi ketika terbentuk sekat pada rongga rahim.

Tidak hanya pada wanita, pria juga dapat mengalami kondisi infertilitas. Penyebabnya dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti gangguan fisik, fisiologis hingga fisik. Masalah yang biasanya dihadapi pada infertilitas pria yaitu kuantitas dan juga kualitas dari sperma, tentunya hal ini sangatlah penting karena hal tersebut dapat memperbesar peluang terjadinya pembuahan pada sel telur. Berikut beberapa gangguan yang menyebabkan infertilitas pada pria yaitu:

  • Gangguan hormonal, biasanya dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon sehingga perubahan hormon terlalu rendah ataupun terlalu tinggi dan mempengaruhi tingkat kesuburan pria.
  • Gangguan fisik, seperti terjadinya penyumbatan pada saluran sperma dan Torsio testis. Selain itu juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi dan penyakit seperti radang testis dan juga infeksi saluran kemih.
  • Kelainan autoimun juga menjadi penyebab infertilitas, hal ini dikarenakan kondisi tersebut dapat mengganggu fungsi normalnya sperma untuk membuahi sel telur.
  • Dan yang terakhir yaitu obesitas, hubungan antara obesitas dengan infertilitas yaitu pada pola makannya yang umumnya berlemak tinggi. Hal ini mempengaruhi hormon testosteron yang  memproduksi sperma menjadi menurun.

Cara Mengatasi Infertilitas

Untuk mengatasi infertilitas tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu yang menjadi penyebab gangguan kesuburan Anda dengan pasangan. Salah satunya yaitu mengurangi tingkat stress. Sudah menjadi rahasia umum jika stress tidak baik bagi tubuh karena dapat berdampak negatif bagi kesehatan yang bisa saja berdampak pada ketidaksuburan seseorang.

Kendati demikian infertilitas adalah kondisi yang tidak bisa Anda periksakan seorang diri. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya infertilitas, Anda dapat menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam mengenai kondisi Anda dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *