Menu Close

Ketahui Prosedur Medis Fluoroskopi di RS Siloam Mataram

Fluoroskopi adalah suatu metode tes pencitraan yang menggunakan sinar-X atau x-ray untuk membuat gambar tubuh bergerak secara “real-time”. Dengan menggunakan prosedur fluoroskopi, maka akan lebih memudahkan dokter untuk melihat organ dan jaringan langsung di layar video, mirip dengan menonton film. Prosedur fluoroskopi membantu dokter untuk mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi masalah mengenai pembuluh darah, tulang, persendian, dan sistem pencernaan, saluran kemih, pernapasan, dan reproduksi. Anda bisa mendapatkan prosedur medis fluoroskopi di rumah sakit, termasuk RS Siloam Mataram.

Fluoroskopi adalah suatu tes medis non-invasif, sehingga pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Prosedur ini akan memberikan gambar dari setiap organ atau bagian tubuh. Agen kontras atau pewarna sering diperlukan untuk membuat gambar fluoroskopi. 

Seorang ahli radiologi dibutuhkan dalam prosedur fluoroskopi untuk meninjau gambar fluoroskopi dan mendiskusikannya dengan dokter. Dokter kemudian akan mendiskusikan hasilnya dengan pasien, dan dokter dan pasien akan memutuskan langkah selanjutnya.

Prosedur Melakukan Fluoroskopi

Fluoroskopi akan dilakukan di rumah sakit seperti RS Siloam Mataram atau rawat jalan. Teknik fluoroskopi bervariasi tergantung pada prosedur tertentu yang diperlukan, tetapi pada umumnya mencakup langkah-langkah berikut ini:

  • Pasien akan menanggalkan pakaian, melepas perhiasan apa pun, lalu mengenakan gaun pasien.
  • Pasien akan diposisikan di atas meja untuk membuat gambar terbaik. Kemudian, pasien mungkin perlu mengubah posisi atau menahan napas untuk waktu yang singkat selama metode fluoroskopi berlangsung.
  • Pasien mungkin diperlukan memasukkan zat kontras atau pewarna melalui infus, enema, atau dengan meminumnya. Untuk prosedur kateter, seperti kateterisasi jantung, dokter akan menyuntikkan zat kontras melalui kateter.
  • Anak-anak dan orang dewasa yang cemas karena prosedur fluoroskopi ini bisa mengonsumsi obat penenang ringan terlebih dahulu untuk membantu mereka rileks dan tetap diam.
  • Pemindai sinar-X khusus akan mengambil gambar area tubuh tertentu dan langsung menampilkan gambar secara instan di layar video. Prosedur ini pada umumnya tidak menyakitkan. Tim medis dapat membiarkan pasien melihat gambarnya sendiri jika tertarik.
  • Dokter kemudian akan menyelesaikan intervensi dan memberikan pengobatan serta perawatan lain sesuai kebutuhan. Misalnya, kateterisasi jantung mungkin termasuk angioplasti untuk membuka arteri koroner yang tersumbat.
  • Setelah itu, pasien dapat pulang pada hari yang sama atau tinggal di rumah sakit untuk observasi dan perawatan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

Risiko Prosedur Fluoroskopi

Pasien mungkin penasaran mengenai jumlah radiasi yang digunakan selama prosedur fluoroskopi dan risiko terkait yang bisa ditimbulkan hal tersebut. Untuk menyiasati hal itu, maka sebaiknya pasien selalu menyimpan catatan riwayat paparan radiasi yang telah diterima pada masa lalu, kemudian laporkan kepada dokter. Risiko yang terkait dengan paparan radiasi kemungkinan besar terkait dengan jumlah kumulatif pemeriksaan sinar-X dan/atau perawatan dalam jangka waktu yang lama.

Jika Anda sedang hamil atau curiga bahwa Anda mungkin hamil, Anda juga harus memberi tahu dokter tentang kondisi Anda sekarang. Hal ini untuk mencegah cacat lahir yang diakibatkan karena paparan radiasi selama kehamilan. 

Selain itu, ada risiko alergi terhadap pewarna kontras yang digunakan untuk prosedur fluoroskopi ini. Pasien yang alergi atau sensitif terhadap obat-obatan, media kontras, yodium, atau lateks harus memberi tahu dokter yang menangani mereka. Tak hanya itu saja, pasien dengan gagal ginjal atau masalah ginjal lainnya juga harus memberi tahu dokter mereka.

Faktor atau kondisi tertentu dapat mengganggu keakuratan prosedur fluoroskopi. Prosedur sinar-X barium baru-baru ini diketahui dapat mengganggu paparan pada daerah perut atau punggung bawah.

Mungkin ada risiko lain tergantung pada kondisi medis spesifik Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk mendiskusikan masalah apa pun dengan dokter Anda sebelum prosedur.

Untuk Anda yang membutuhkan prosedur medis fluoroskopi, Anda bisa mengunjungi RS Siloam Mataram yang terletak di Jalan Majapahit No. 10, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83115. R Siloam Mataram memiliki banyak fasilitas serta penunjang medis, dan memiliki jam operasional Senin sampai Minggu mulai pukul 00.00 hingga 23.59, serta Unit Gawat Darurat 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *