Menu Close

Kimia Farma Pekanbaru Sediakan Fasilitas Tes COVID-19

Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru, selama masa COVID-19, tidak hanya menerima layanan rutin saja, tetapi juga menyediakan layanan tes COVID-19, mulai dari rapid test antibody, rapid test antigen, dan PCR test. Hal ini sebagai upaya Kimia Farma selaku perusahaan BUMN untuk membantu pemerintah menangani kasus virus corona di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru diresmikan pada tahun 2018 sebagai komitmen PT Kimia Farma (Persero) Tbk untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai inklusivitas kesehatan. 

Mengusung konsep One Stop service, Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir mengatakan, diharapkan Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru dan seluruh daerah dapat menjadi fasilitas kesehatan yang memadai dan modern, serta dapat meningkatkan layanan kesehatan di berbagai daerah.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru mengusung konsep One Stop Pemeriksaan Laboratorium dan Medical Check Up. Layanan ini dilengkapi dengan beragam fasilitas terpadu yang dibangun dengan konsep modern sebagai upaya memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan.

Selama pandemi, Kimia Farma Pekanbaru tidak hanya menerima layanan medical check up dan layanan kesehatan lain tetapi juga dapat melakukan tes COVID-19. Bahkan, beberapa waktu lalu, Kimia Farma Pekanbaru membuka sendiri layanan rapid tes berbayar di Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Setiap penumpang yang akan berangkat dari Bandara SKK II Pekanbaru dapat melakukan rapid tes dari Kimia Farma dengan membayar sebesar Rp 285 ribu per orang. Kimia Farma Pekanbaru pun menjadi satu-satunya perusahaan farmasi BUMN yang memiliki tempat untuk membuka bisnis rapid tes COVID-19 di Bandara SKK II Pekanbaru. 

Meski menimbulkan pro dan kontra, pada Juli 2020 layanan pelaksanaan rapid test yang dilakukan oleh Kimia Farma di Bandara SKK II Pekanbaru akhirnya dihentikan karena tidak memiliki izin dari pemerintah daerah. 

Selain mengadakan pelayanan tes COVID-19 di Bandara SKK II Pekanbaru, Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru juga menyediakan layanan home service tes COVID-19. Masyarakat bisa melakukan reservasi pemeriksaan tes COVID-19 melalui aplikasi Whatsapp atau aplikasi Kimia Farma Mobile. Tidak hanya itu, Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru juga bekerja sama dengan industri Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka dan Tiket.com sebagai platform reservasi pemeriksaan COVID-19.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Pekanbaru juga sudah melayani vaksinasi, terutama vaksinasi gotong royong. Seperti yang kita tahu, holding perusahaan farmasi BUMN telah dipercaya untuk menjadi distributor program Vaksinasi Gotong Royong. Program ini dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam mencapai herd immunity terhadap virus COVID-19 di Indonesia melalui vaksin.

Baru-baru ini, Dinas Kesehatan Riau telah menerima 1.800 dosis vaksin Sinopharm untuk menyukseskan program Vaksinasi Gotong Royong. Kimia Farma Pekanbaru ditunjuk oleh Bio Farma selaku produsen vaksin, untuk menjadi distributor vaksin.

Pada tahun lalu pun, untuk menekan angka penyebaran COVID-19 Apotek Kimia Farma Pekanbaru juga menyediakan layanan pesan antar delivery order guna memudahkan masyarakat membeli kebutuhan obat-obatan, alat kesehatan, vitamin, hingga kosmetik.

Layanan pesan antar ini bisa diakses melalui WhatsApp di 17 apotek Kimia Farma yang tersebar di seluruh wilayah Kota Pekanbaru atau melalui sosial media resmi Instagram Kimia Farma Pekanbaru. Kimia Farma Pekanbaru pun berharap dapat dengan adanya layanan tersebut dapat menjadi solusi kesehatan yang aman, praktis, dan nyaman di masa pandemi seperti saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *