Menu Close

Makan Tengah Malam dan Kebiasaan yang Merusak Mental

makan tengah malam

Kesehatan mental yang rusak atau terganggu tidak melulu disebabkan oleh adanya trauma mendalam ataupun kondisi yang luar biasa. Bahkan dari kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan, kerusakan kesehatan mental bisa terjadi. 

Anda mungkin kaget bahwasanya makan tengah malam saja bisa memicu gangguan pada kesehatan mental Anda. Anda juga mungkin tidak pernah menyangka sebelumnya, terlalu banyak waktu mengakses media soal juga bisa membuat mental Anda menjadi tidak prima. 

Berikut ini adalah berbagai macam kebiasaan sehari-hari yang selama ini bisa jadi tidak pernah Anda pikirkan dapat menjadi perusak kesehatan mental. Jika Anda masih banyak melakukan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini, mulai sekarang cobalah untuk menguranginya demi mental yang lebih sehat! 

Malas Beraktivitas Fisik

Kemudahan dunia digital maupun transportasi membuat lama bergerak seseorang pada zaman sekarang lebih minim daripada orang-orang 20 atau 10 tahun yang lalu. Anda pun mungkin saja termasuk orang yang malas berjalan kaki ke mana-mana karena mengandalkan kendaraan bermotor, walaupun jarak hanya beberapa meter. Anda juga bisa jadi merupakan orang yang sangat malas berolahraga karena dinilai melelahkan. Hati-hati, keterbatasan aktivitas fisik ini akan membuat suasana hati Anda lebih mudah memburuk dan lama-kelamaan merusak mental Anda. 

Akses Media Sosial Terlalu Lama 

Berapa lama waktu yang Anda habiskan dalam sehari untuk melihat media sosial? Semakin lama Anda menghabiskan waktu di depan layar untuk melihat media sosial, kerentanan kerusakan kesehatan mental Anda bisa lebih besar. Ini karena terlalu lama mengakses media sosial membuat interaksi sosial Anda dengan keluarga, teman, maupun kerabat menjadi sangat berkurang sehingga berpengaruh pada perilaku sampai pola pikir Anda yang menjadi lebih mudah merasa kesepian dan sering cemas. 

Kurang Tidur 

Biasakan untuk tidur dengan cukup waktu pada malam hari. Setidaknya bagi orang dewasa, Anda membutuhkan waktu tidur malam sekitar 6—8 jam. Apabila jam tidur Anda kurang, Anda akan lebih mudah merasa cemas dan gampang marah. Di mana semua itu mengarah pada kesehatan mental yang sedang terganggu. 

Makan Tengah Malam 

Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan makan tengah malam? Kebiasaan ini ternyata menghadirkan banyak risiko kesehatan, termasuk bagi kesehatan mental Anda. Makan tengah malam akan membuat Anda sulit tidur nyenyak karena ketidaknyamanan yang muncul di lambung. Ujung-ujungnya, Anda akan kurang tidur dan merasa cepat lelah. Hal inilah yang akan mendongkrak kondisi kecemasan maupun amarah Anda menjadi sulit dikendalikan. 

Terlalu Bergantung pada Orang Lain 

Jangan terlalu bergantung pada orang lain, bahkan kepada pasangan ataupun orang tua Anda. Kebiasaan terlalu bergantung atau mengandalkan orang lain membuat Anda akan jarang merasakan kepuasan. Di sisi lain, kebiasaan menggantungkan diri ke orang lain akan membuat Anda kerap mengorbankan kepentingan pribadi demi kepentingan bersama. Kondisi inilah yang jika terus-menerus terjadi bisa merampas kesehatan mental Anda. 

Berpikir Negatif 

Cobalah untuk mulai mengarah pikiran Anda ke sesuatu yang positif dapat melihat berbagai kondisi atau permasalahan hidup. Kerap berpikir negatif untuk setiap keadaan hanya akan membuat kesehatan mental Anda hancur. Ini karena pikiran negatif mudah mengarahkan Anda ke kondisi kecemasan ataupun ketakutan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Sering berpikir negatif juga tidak jarang menempatkan Anda pada situasi kemarahan yang sulit terjelaskan sehingga lagi-lagi, mental Anda yang menjadi korbannya. 

Kebiasaan-kebiasaan buruk untuk mental Anda, seperti makan tengan malam, sebenarnya bisa dengan gampang Anda kurangi ataupun ubah total. Yang Anda perlukan hanyalah moda niat yang besar untuk mau melakukan perbaikan kebiasaan demi mental yang lebih bahagia dan sehat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *