Menu Close

Berbagai Jenis Makanan Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

Berbagai Jenis Makanan Pantangan Diabetes yang Harus Dihindari

Penyakit diabetes tidak hanya bisa dikontrol melalui konsumsi obat-obatan ataupun dengan suntik insulin. Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kondisi penderita diabetes adalah dengan mengontrol gaya hidup, terutama pola makan. Menghindari pantangan diabetes bisa jadi langkah pertama untuk memulai gaya hidup sehat bagi para pengidap penyakit gula ini. Berikut beberapa jenis pantangan diabetes yang harus dihindari penderitanya.

Pantangan diabetes, apa saja yang harus diperhatikan?

Cake dan Makanan Olahan dengan Gula Lainnya

Ada banyak makanan yang menggunakan gula sebagai campurannya, akan tetapi yang perlu benar-benar diperhatikan adalah kue kering atau cake yang menggunakan gula dalam jumlah banyak. Makanan dengan campuran gula yang cukup banyak ini tergolong sebagai karbohidrat berkualitas rendah. Sehingga saat diproses oleh sistem pencernaan akan mendorong produksi insulin ekstra demi menekan level gula pada darah. Karenanya, hindari memakan cake atau olahan lain yang mengandung banyak gula.

Jus Buah

Meski buah-buahan tergolong sebagai asupan yang sehat karena mengandung fiber, banyak vitamin, dan mineral, tak semua olahan buah untuk penderita diabetes. Jus buah justru jadi salah satu pantangan diabetes.

Buah yang diolah menjadi jus sebenarnya sudah kehilangan banyak fiber, sehingga tidak sama dengan mengonsumsi buah secara langsung. Selain itu, proses pembuatan jus akan membuat gula di dalamnya lebih terkonsentrasi, sehingga dapat memicu kenaikan level gula dalam darah. Apalagi jika jus tersebut tidak diolah sendiri, melainkan dibeli dari supermarket atau pedagang jus, bukan tidak mungkin dalam proses produksinya jus tersebut mendapat tambahan gula untuk menguatkan rasanya.

Daging yang Berlemak

Jenis makanan ini juga jadi pantangan bagi para penderita diabetes, terutama yang tipe 2. Potongan daging berlemak banyak sangat kaya akan lemak tersaturasi. Jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dan membuat tubuh lebih rentan terhadap inflamasi. Akibatnya, pengidap diabetes akan jadi lebih berisiko terkena penyakit jantung. Padahal, mengidap diabetes sendiri sudah meningkatkan risiko tersebut.

Camilan Kemasan

Mengonsumsi kudapan di sela-sela jam makan atau saat sedang melakukan aktivitas tentu menyenangkan. Tapi, bagi penderita diabetes hal ini jadi pantangan. Sebab, camilan yang diproduksi pabrik dalam kemasan memiliki nutrisi yang sangat sedikit. Selain itu, mereka juga mengandung karbohidrat dengan kualitas rendah yang cukup besar. Jika dicerna tubuh, maka level gula akan lebih mudah melonjak tajam.

Nasi Putih dan Karbohidrat Putih Lainnya

Sudah jadi rahasia umum jika nasi putih dan berbagai macam makanan yang diolah dari tepung  memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Jenis makanan seperti ini akan meningkatkan kadar glukosa ketika sudah dicerna oleh tubuh. Mereka juga akan bereaksi seperti gula di dalam sistem pencernaan.

Pantangan ini berlaku baik untuk diabetes tipe 1 ataupun 2. Selain itu, makanan dengan karbohidrat putih seperti nasi, pasta, dan olahan tepung lainnya memiliki kadar fiber yang rendah. Padahal fiber dapat berguna untuk menyerap kadar gula dalam tubuh.

Sereal Kemasan

Sebagai salah satu jenis sarapan, sereal diiklankan sebagai makanan yang sehat dan bergizi untuk dikonsumsi di pagi hari. Padahal, ini cukup misleading. Sereal kemasan merupakan salah satu pantangan diabetes karena diproses secara cepat dan mengandung karbohidrat lebih dari yang dibayangkan.

Selain itu, sereal juga tidak mengandung banyak protein dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Karenanya, berhati-hatilah saat hendak mengonsumsi makanan, ya. Jangan sampai pengobatan diabetes yang dilalui jadi percuma karena Anda tidak menjaga pola makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *