Menu Close

Ragam Pemeriksaan Non Laboratorium di Klinik Prodia Solo

Pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu upaya yang bis akita lakukan untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan tubuh. Dengan diagnosa lebih awal, perawatan dini bisa dirancangkan untuk mencegah risiko buruk terjadi di kemudian hari. 

Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di rumah sakit maupun laboratorium klinik. Klinik Prodia Solo menjadi salah satu laboratorium klinik Prodia yang menyediakan fasilitas lengkap. 

Di area seluas 1.075 m2 itu, klinik Prodia Solo menyediakan layanan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan laboratorium hingga non laboratorium. Berikut layanan klinik Prodia Solo. Beserta jadwalnya.

Pemeriksaan non laboratorium di klinik Prodia Solo

Pemeriksaan non laboratorium biasa disebut juga dengan pemeriksaan diagnostik atau pemeriksaan penunjang. Secara sederhana, pemeriksaan non laboratorium adalah jenis tes yang digunakan untuk membantu mendiagnosis penyakit atau kondisi.

Ada beberapa pemeriksaan non laboratorium yang sudah tersedia di Prodia Solo untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan penyakit. Berikut layanan medis yang tersedia:

  • Rontgen

Rontgen atau sinar X adalah prosedur cepat dan tidak menyakitkan yang biasa digunakan untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk melihat tulang dan dapat digunakan untuk membantu mendeteksi berbagai kondisi.

Rontgen digunakan untuk mendiagnosis kondisi-kondisi yang mempengaruhi tulang di bagian tubuh, seperti dada, beserta isi dan struktur-struktur di dekatnya. Sinar X-ray akan melewati tubuh Anda, dan mereka diserap dalam jumlah yang berbeda tergantung pada kepadatan bahan yang mereka lewati. 

Bahan padat, seperti tulang dan logam, tampak putih pada sinar-X. Udara di paru-paru Anda terlihat hitam. Lemak dan otot muncul sebagai warna abu-abu. Teknologi sinar-X digunakan untuk memeriksa banyak bagian tubuh, seperti:

  • Tulang dan gigi: untuk melihat fraktur dan infeksi, radang sendi, kerusakan gigi, osteoporosis, dan kanker tulang
  • Dada: untuk melihat infeksi atau kondisi paru-paru, kanker payudara, hati yang membesar dan tanda gagal jantung kongestif, serta pembuluh darah tersumbat
  • Perut: mendeteksi masalah saluran pencernaan dan melihat barang yang tertelan yang biasanya terjadi pada anak-anak
  • Audiometri

Pemeriksaan ini melibatkan indera dan kemampuan pendengaran. Pemeriksaan audiometri menguji kemampuan Anda untuk mendengar suara atau seberapa baik fungsi pendengaran Anda. Ini juga dilakukan untuk menguji intensitas dan nada suara, masalah keseimbangan, dan masalah lain yang terkait dengan fungsi telinga bagian dalam.

Pemeriksaan dilakukan dengan memakai alat audiogram nada murni di dalam ruang kedap suara. Prinsipnya, bermacam-macam frekuensi dan intensitas suara (dB) ditransfer melalui headset atau bone conducter ke telinga atau mastoid dan batasan intensitas suara (dB) pasien yang tidak dapat didengar lagi dicatat, melalui program computer atau diplot secara manual pada kertas grafik.

Ada dua kegunaan audiometri, yaitu untuk mengetahui derajat ketulian ringan, sedang atau berat dan untuk mengetahui jenis tuli konduktif, tuli syaraf (sensorineural) atau tuli campuran.

  • EKG

EKG atau elektrokardiografi juga adalah prosedur sederhana tanpa rasa sakit yang mengukur sinyal listrik di jantung Anda. Setiap kali jantung Anda berdetak, sinyal listrik mengalir melalui jantung. 

EKG dapat menunjukkan apakah jantung Anda berdetak pada tingkat dan kekuatan yang normal. Ini juga membantu menunjukkan ukuran dan posisi bilik jantung Anda. EKG yang tidak normal dapat menjadi tanda penyakit atau kerusakan jantung.

Prinsip kerja EKG adalah merekam signal elektrik yang berkaitan dengan aktivitas jantung dan menghasilkan grafik rekaman tegangan listrik terhadap waktu dengan menggunakan alat bernama electrocardiograph.

Jadwal operasional pemeriksaan non laboratorium klinik Prodia Solo

Jadwal operasional pemeriksaan laboratorium klinik Prodia Solo terdiri dari hari Senin hingga Minggu dengan hari Rabu libur. Ada tiga pemeriksaan non laboratorium yang tersedia, yaitu audiometri, EKG, dan rontgen dengan jadwal: 

  • Senin,Selasa, Kamis, Jumat pukul 06.00 – 20.00 WIB
  • Sabtu pukul 06.00 – 17.00 WIB
  • Minggu pukul 07.00 – 13.00 WIB

Klinik Prodia Solo menyediakan berbagai fasilitas baik laboratorium, non laboratorium, dan layanan dokter. Agar efektif, Anda disarankan untuk memesan janji atau menghubungi terlebih dahulu pihak klinik sebelum melakukan pemeriksaan langsung ke klinik. Perhatikan juga jadwal operasional yang telah ditetapkan.

Anda bisa membuat janji temu dan melihat jadwal praktik dokter di website atau aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi SehatQ. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *