Menu Close

Rekomendasi Obat Cantengan yang Ada di Apotek

Pernahkah anda mengalami kondisi saat ujung jari tampak memerah dan disertai bengkak? Kondisi yang biasa terjadi di ibu jari tersebut bisa jadi adalah cantengan. Adapun kondisi itu bisa saja terjadi kalau kuku tumbuhnya ke dalam sehingga menembus atau menusuk kulit. Kondisi tersebut pasti tidak enak karena bisa menimbulkan sensasi nyeri. Oleh karena itu, artikel ini akan merekomendasikan obat cantengan yang bisa menjadi pilihan anda. 

Emtrix 

Obat cantengan pertama yang direkomendasikan adalah Emtrix. Obat yang satu ini diketahui mengandung zat yang bisa memberikan manfaat kepada penggunanya. Adapun kandungan yang dimaksud adalah sodium hydroxide acid, urea, lactic, dan propylene glycol. Dari berbagai sumber yang dirujuk, dikatakan kandungan tersebut dapat mengatasi masalah pada kulit para pemakainya. 

obat cantengan di apotek

Selain dapat mengobati cantengan, ternyata obat yang satu ini dapat pula dimanfaatkan untuk mencegah infeksi bakteri atau jamur. Adapun kabar baik lainnya adalah bahwa beberapa sumber menyebut Emtrix ini merupakan obat yang masuk ke dalam kategori bebas. Keterangan tersebut dapat diartikan kalau Emtrix bisa digunakan tanpa resep dokter. 

Garamycin 

Rekomendasi obat cantengan kedua adalah Garamycin. Obat yang bisa juga disebut salep ini dapat mengatasi cantengan dan penyakit lain pada kulit yang diakibatkan oleh infeksi suatu bakteri. Akan tetapi, berbeda dengan Emtrix, obat yang satu ini tidak bisa digunakan secara sembarangan. Sebab, jika kalian ingin menggunakannya harus memerlukan resep dari dokter. 

Resep dokter diperlukan karena dalam pemakaian obat setiap dosis berbeda. Adapun perbedaan ini tergantung sama kondisi cantengan yang dialami pasien. Oleh sebab itu, apabila ingin menggunakan obat yang satu ini, anda perlu konsultasi dengan dokter terkait dulu, ya. 

Salep 2-4 

Obat cantengan yang dapat digunakan berikutnya ialah Salep 2-4. Obat yang mengandung sulfur dan acid ini bisa menjadi pilihan apabila cantengan yang anda alami sudah berat. Adapun tolok ukur berat atau tidak dilihat dari seberapa besar infeksi yang disebabkan bakterinya. Akan tetapi, apabila anda ingin memanfaatkan Salep 2-4, maka anda harus tetap pula waspada. Sebab, obat yang satu ini bisa juga menimbulkan efek samping. 

Dihimpun dari berbagai sumber yang dirujuk, Salep 2-4 ternyata bisa memberikan efek samping berupa iritasi atau kulit kering. Lantaran punya kemungkinan timbul efek samping, maka sebelum pemakaian anda perlu benar-benar memastikan mempelajari aturan pakainya. Jika anda memiliki alergi terhadap kandungan obat itu, maka disarankan anda memilih produk lain. 

Salep 88 

Salep 88 memang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Salep yang kerap kali digunakan untuk atasi infeksi jamur pada kulit ini ternyata bisa bermanfaat pula dalam mengatasi cantengan. Adapun manfaat itu dapat diperoleh karena Salep 88 mengandung sulfur, asam benzoat, dan salisilat. 

Dari penjelasan singkat di atas, kita telah ketahui empat rekomendasi obat cantengan. Sebetulnya, masih ada lagi obat yang bisa mengatasi cantengan ini. Jika anda punya waktu luang, tidak ada salahnya mencari tahu lebih lanjut. Namun, dari semua penjelasan di atas, nan tak kalah penting adalah mencari tahu penyebab sakit cantengan. Hal ini diperlukan sebagai upaya pendukung dalam melakukan pencegahan. 

Pada umumnya, cantengan bisa terjadi karena kondisi yang dialami oleh kuku. Beberapa di antaranya adalah kuku patah, potong kuku terlalu pendek, kuku tidak sengaja membentur suatu benda, pemotongan kuku secara berantakan, dan infeksi jamur. Dari beberapa penyebab cantengan tersebut, setidaknya kita bisa melakukan upaya pencegahan, seperti menghindari situasi kondisi yang dapat membuat jari bengkak dan memerah. 

Namun demikian, jika anda lagi mengalami cantengan, segeralah obati agar kondisinya tidak semakin parah. Beberapa obat cantengan yang telah direkomendasikan bisa anda gunakan. Namun, apabila anda ragu, tentu saja berkonsultasi dengan dokter terkait adalah pilihan yang bijak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *