Menu Close

Resep Overnight Oat Yang Sehat nan Lezat

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, Anda pasti sudah cukup familiar dengan resep overnight oat. Selain rasanya yang creamy dan lezat, overnight oat juga dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan sekaligus membantu menurunkan berat badan. Oat adalah makanan sarapan yang sangat “versatile” yang dapat diolah sesuai dengan keinginan dan selera Anda. Jika Anda menyukai buah, Anda bisa menambahkan pisang dan beri. Jika Anda menyukai yogurt, tambahkan yogurt favorit dan biarkan semalaman untuk kemudian dikonsumsi di keesokan harinya. Overnight oat memiliki banyak manfaat kesehatan baik untuk tubuh sekaligus untuk menurunkan berat badan. 

Resep overnight oat ternyata mudah untuk dibuat

Resep overnight oat kini menjadi sebuah trend populer di seluruh dunia karena kandungan serat dan nutrisi yang dimilikinya. Ketika direndam semalaman, zat pati yang secara alami ada di dalam oat akan terurai  dan lebih banyak nutrisi akan diserap oleh oat pada saat proses perendaman berlangsung. Asam yang ada di dalam oat juga akan terurai semalaman, membuat makanan ini sangat baik untuk pencernaan yang lebih sehat. Karena teksturnya yang lembut, overnight oat lebih mudah dikonsumsi khususnya di pagi hari. Yang paling penting, overnight oat dapat membantu meningkatkan insulin yang ada di dalam tubuh, yang mana dapat mengatur diabetes tipe 2. 

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, cobalah resep overnight oat. Oat yang direndam semalaman memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yang mana dapat membantu lambung terisi dalam waktu yang lebih lama. Bahkan kandungan serat tersebut dapat membantu membersihkan saluran pencernaan Anda. Kandungan pati resisten yang tinggi akan menjamin pembakaran lemak yang lebih cepat dan meningkatkan level insulin tubuh. Overnight oat juga bermanfaat dalam membantu mengurangi kolesterol jahat LDL di dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Oat juga sangat baik bagi mereka yang sedang menderita tekanan darah tinggi. Yang paling penting, resep overnight oat sangatlah praktis. Anda tidak membutuhkan banyak persiapan. Selain bernutrisi, overnight oat juga merupakan hidangan yang lezat. 

Resep overnight oat sederhana

Kebanyakan resep overnight oat akan membutuhkan bahan-bahan yang hampir sama, seperti:

  • Oat. Oat biasa merupakan pilihan terbaik untuk dijadikan overnight oat. Untuk waktu perendaman yang tidak terlalu lama, gunakan quick oat. 
  • Susu. Gunakan susu sapi atau susu fortifikasi dan tanpa pemanis sesuai dengan selera Anda dengan rasio perbandingan 1:1 terhadap jumlah oat. Misalnya, 120 ml oat perlu ditambahkan untuk 120 ml susu. 
  • Biji chia (sesuai selera). Biji chia akan bertindak layaknya sebuah lem untuk mengikat bahan-bahan dalam resep overnight oat yang sedang Anda buat. Gunakan ¼ bagian biji chia dengan 1 bagian oat. Contohnya, tambahkan 30 ml biji chia dengan 120 ml oat. 
  • Yogurt (opsional). Yogurt akan menambah ekstra protein dan tekstur yang creamy. Gunakan yogurt kesukaan Anda. 
  • Vanila (opsional). Sedikit ekstrak vanilla atau biji vanilla dapat menambah rasa pada overnight oats Anda. 
  • Pemanis (opsional). Sedikit sirup maple, 2-3 kurma yang dipotong, atau pisang dapat menjadi pemanis untuk overnight oat Anda. 

Untuk membuat resep overnight oat Anda, cukup campur bahan-bahan tersebut di atas dan masukkan ke dalam kulkas dalam wadah yang tertutup rapat semalaman. Oat dan biji shia akan menyerap susu dan berubah menjadi lembut semalaman, memberikan tekstur layaknya pudding di pagi harinya. Resep overnight oat biasanya tahan hingga 4 hari apabila disimpan dalam wadah yang kedap dan tertutup di dalam lemari es.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *